Wednesday, September 20, 2006
Sibuk
Bob Munro berjuang sekuat tenaga supaya semua pihak terpuaskan, ya keluarganya dan juga pekerjaannya. Itu inti film dengan nuansa satir berjudul RV (Recreational Vehicle). Tokoh Munro sendiri diperankan oleh aktor kawakan Robin Williams.

Kesibukan di kantor membuat Munro begitu sulit untuk berkumpul secara kualitas dan kuantitas dengan keluarganya. Idenya untuk bekerja secara diam-diam saat melakukan rekreasi dengan keluarganya, justru membuat segalanya berantakan. Meski kemudian ada berkah di bagian akhirnya.

Situasi seperti ini seringkali dialami para blogger. Dengan tumpukan pekerjaan, niat menulis blog jadi terbengkalai, padahal semangat dan ide di kepala sedang menjulang tinggi. Tapi tak jarang juga saat waktu senggang datang, niat untuk menulis blog justru hilang. Mati gaya, kata anak gaul. Kram otak, kata rapper Iwa K. Capek.

Tak heran orang seperti Munro mengambil jalan tengah. Menggabungkan keduanya dalam masa yang sangat sempit. Ekses yang muncul kemudian akan diurus kemudian pula.

Sebenarnya, apa definisi sibuk? Setiap saat atau hari sehingga nyaris tak ada waktu untuk hal lainnya di luar pekerjaan? Menurut saya, sibuk bersifat temporary, sementara, dan tidak terus-terusan.

Dalam urusan kerja, sibuk atau tidak, harus dilihat sejak pertama. Sibuk itu berhubungan dengan waktu sempit, artinya ada tenggat waktu. Dua hari, seminggu, dua minggu, sebulan, dan seterusnya. Jika lebih luas dan tidak memiliki tenggat waktu, maka definisinya adalah tingginya muatan kerja seseorang.

Katakanlah, wartawan. Profesi ini akan berhubungan dengan tenggat waktu. Buat saya tak bisa dibilang sibuk, tetapi muatan kerjanya yang tinggi. Hanya saja, kata sibuk digunakan untuk menjelaskan bahwa kita sedang tak ada waktu senggang. Apa boleh buat, istilah itu yang sudah umum, meski fakta aslinya belum tentu benar. Sibuk bagi wartawan akan terjadi saat tenggat waktu sudah mepet naik cetak atau upload.

Hal yang kurang lebih sama dialami oleh akuntan, misalnya. Di saat mendekati tutup tahun keuangan, dia akan sangat sibuk karena berbagai laporan harus segera dibungkus. Tapi bukan berarti di luar masa itu, dia bisa melenggang seenaknya. Pekerjaannya memang bermuatan tinggi, meski tak setinggi di akhir masa keuangan.

Makanya kemudian ada saja bentuk protes seorang kawan; "Kok sibuk terus sih?" Dalam hati kita menjawab tidak. Jika begini, artinya muatan pekerjaan kita sangat penuh. Nyaris tak ada waktu senggang. Sibuk memang tak mungin terus-terusan.

Jadi, mau tidak mau, ambil saja cara Munro. Sedang sibuk, tapi ingin menulis posting. Lakukan saja berbarengan. Merasakan adrenalin memuncak karena melakukan dua hal yang sama beratnya kadang mengasyikan. Seperti tulisan ini, yang di-upload saat beban kerja sedang memuncak.
 
posted by Hedi @ 9:24 AM | Permalink |


19 Comments:


At 11:58 AM, Blogger Ely

Baru saja mo tanya kenapa lama nggak posting, eh..sudah dijawab sama tulisan diatas.

Kalau saya sih jarang2 sibuk, waktu longgar tiap hari, jadi wajib disyukuri. Memang enak kok jadi ibu RT..he..he..dadi nglantur tekan ngendi-endi!

 

At 12:08 PM, Anonymous Mbilung

Lha...kalo saya kerja ndak sibuk, yang sibuk justru dikejar-kejar deadline blog :D

 

At 1:14 PM, Anonymous sesy

aku sibuk cuma kl pagi n sore, lainnya kosong blong jd ol tiap hari deh
he he he

 

At 1:56 PM, Blogger Bangsari

menulis ditengah kesibukan kerja itu enak, justru itu asyiknya. beban kerja tinggi dibutuhkan pelepasan. itulah gunanya ngeblog. kalo ndak ngeblog, saya tambah ngga karu-karuan kerjanya.

alasan klise ya? biarin. hidup blog!

 

At 2:30 PM, Blogger sefawkes

ojo sampe kerjo nggangu wektu blogging mas hehehehe

 

At 3:41 PM, Anonymous rita

sibuk: SIang² buBUK, eh haruse buBuk Siang² yo :d

heheeh...mampir sam, sue ga itreng kabara sampean, mugo2 kipa2 ae

have a great working day sam, SemangAT!!!

 

At 4:42 PM, Anonymous gita

itu lah, mangkanya saya rajin ngeblog...kerja disambi ngeblog, eh salah ngeblog disambi kerja hihihihihihih

 

At 9:03 PM, Blogger Muhammad Mufti

Kerja disambi nge-blog asyik juga tuh. Sebenarnya lebih sibuk nge-blog atau kerja nih...??

 

At 2:03 AM, Blogger uyo

sibuk trus jadi ga bisa ngeronda
ga bisa silaturohim

ini yang bikin jengkel

sori ya kang..baru bisa nengok :(

 

At 4:30 AM, Anonymous medon

tak ada kesibukan, mau beri pekerjaan? :p

 

At 9:12 AM, Anonymous jablay

mas hedi, ayo nongkrong maning ... :)

 

At 10:13 AM, Blogger mpokb

kalo lagi kerja, buat aye paling enak ya disambi ngupi.. lho?! :P
btw, blum nonton RV iih.. pdhal pingin banget..

 

At 10:26 AM, Blogger Apriliana

sekali nge-blog, kerjaan liwatttt

 

At 11:39 AM, Blogger Anang

lha aku kerja ndak sibuk kok... nyante... ngeblog aja enak hehehe

 

At 3:06 PM, Anonymous aribowo

sesibuknya manusia pasti punya waktu luang, ntah itu sejam ato dua jam sehari, gak mugkin waktu seseorang itu semua nya tersita untuk kerjaan

 

At 1:57 AM, Blogger dian decante

enakan sibuk drpd kebanykan waktu luang di kantor. boring

 

At 2:27 PM, Blogger Catuy

ini nih,,,
kejadian sama gue
makanya gue ghak bisa posting selama 2 minggu terakhir.....
KAMPRING!!!!

 

At 5:31 PM, Blogger Rara Vebles

Ya memang kata ini toh yang paling gampang diucapken.. kadang2 jadi alibi..

Maaf ya saya lagi sibuk nih.. :P

 

At 2:37 AM, Blogger Sisca

Iya mas..disadari atau tidak...dalam umur produktif seperti sekarang, kita pasti sibuk setiap saat, hanya tergantung bagaimana kita menjalaninya....apakah kita akan jeda sejenak atau terus..karena kesibukkan itu, tak ada akhirnya :)