Friday, September 01, 2006
Komentar: Antara Populer dan Eksis
Komentar bisa berakibat positif dan negatif. Jika yang buruk, mungkin saja akan membunuh niat orang untuk ngeblog, seperti yang pernah dikatakan oleh mas Priyadi. Tapi apa benar, komentar bisa membuat seorang blogger jadi populer?

Seorang teman yang rajin membaca blog, bertanya mengapa nama saya sering hadir di beberapa kotak komentar blog. Dia bilang apa saya mau jadi orang terkenal dengan menaruh nama blog di banyak tempat. Saya cuma tertawa lepas.

Salah satu hobi cyber saya adalah menjelajahi blog via bloglines, belum lagi yang saya simpan di bookmark. Banyak hal yang bisa didapat. Tadinya bolot dan tulalit jadi tahu, awalnya tak kenal maka bisa kenal. Membaca blog, kadang memancing minat untuk memberi komentar. Tapi tak semua posting yang muncul selalu saya komentari, meski saya baca. Komentar akan muncul ketika saya merasa perlu. Alasannya bukan untuk terkenal dan dikenal.

Untuk menjadi populer (dalam konotasi positif), tak perlu melakukan rekayasa macam-macam. Proses alam yang akan menjawab itu. Kalau saya menaruh komentar di blog orang, saya tak pernah berharap akan ada keuntungan balik. Saya hanya mencari kepuasan batin. Jika pemilik blog yang saya kunjungi, berbalik mengunjungi, ya terima kasih. Jika tidak, juga tak ada masalah dan saya pun akan tetap rajin ke sana dan (mungkin) memberi komentar.

Dalam dunia blog, terkadang kita dianggap tidak eksis jika tidak menulis komentar. Ini mirip dengan tautan. Jika anda tidak menaruh tautan orang lain, mungkin juga nama blog anda tak ada di daftar tautan orang lain. Sebuah tradisi yang cukup unik. Sebuah ukuran keberadaan yang lumayan memancing senyum kecut.

Banyak penulis blog populer yang justru jarang memberi komentar atau memajang daftar tautan di rumahnya sendiri. Tapi bukan berarti mereka tidak (pernah) berkunjung ke tempat anda. Sekadar contoh, saya punya daftar feed sekitar 150-an dan tak mungkin semua blog itu saya masukkan di daftar blogrolling. Populer atau tidak, eksis atau mati, disebabkan oleh karya atau tulisan di blognya. Bukan karena perbuatan di blog orang. Contohnya, Bang Enda, Andry, Paman Tyo, Pecas Ndahe atau yang lainnya.

Ini kasus saya, sekadar untuk menjawab pertanyaan kawan. Memasuki dunia blog, sekali lagi bukan untuk membuat saya dikenal dan terkenal atau gila pujian. Terlalu naif untuk melakukan itu :D. Satu yang pasti adalah pembelajaran diri dan memuaskan dahaga pengetahuan sambil melakukan silaturahmi.

 
posted by Hedi @ 12:19 AM | Permalink |


23 Comments:


At 4:50 PM, Blogger mpokb

seperti yg sudah2... saya ngeblog karena banyak uneg2 tapi...malas ngomong.. :P

 

At 9:14 PM, Anonymous Anonymous

kadang saya lebih memilih diam kalau temanya tidak saya kenal. Lalu tergantung juga, kalo udah banyak yang komentar, ya kadang ada komentar yg sama, maka saya ga isi...

 

At 1:12 AM, Anonymous Anonymous

Orang ngeblog khan bermacam-macam tujuannya...

kalau saya sih cuma pengen nge blog aja.. :D

 

At 4:47 AM, Blogger Eddy Fahmi

mas, sampeyan suka ngirim2 komentar tengah malem / dini hari yah? hihihi :D
*ndak fokus*

 

At 8:50 AM, Blogger Manusia [tidak] bodoh

weihh aku komen lho.....komen krn pengen komen (kl jd ngetop itu bejo namanya) wekqkqkq

;)

 

At 12:03 PM, Anonymous Anonymous

saya sih memang ingin terkenal.
minimal terkenal bodoh.

saya beri komen juga seperlunya seikhlasnya. dibales komen ya gapapa. ga dibales komen ya awas (lho?)

ngaco ah :D

 

At 12:42 PM, Anonymous Anonymous

klo gw sih karena pelupa.. jadi ngeblog bisa nyatet daftar orang yg ngutang ke gue biar nanti gak lupa nagihnya.. ihihihikk...

 

At 9:53 AM, Anonymous Anonymous

# Ely : ya terima kasih, fair kok :d
# Mufti & Vnuz : bener, blog banyak motivasi, tapi saya menghindari narsis sebisa mungkin :)
# Fahmi : suka-suka donk Mi :p
# Andry : bener, ngaco tenan hehehe
# Dimas : berarti banyak piutang ya?

 

At 2:23 PM, Blogger onanymous

xixixi...komen aja kok repot
komenlah sebelum komennya diblok, blogwalking tanpa komen berasa garing :d
soal terkenal sebenernya tinggal nasib aja...wong pinter yang terkenal banyak, yang gak terkenal jg banyak..penjahat terkenal banyak, yg gak terkenal banyak juga...semua tinggal nasib kok
*naaf asal komen

 

At 8:44 PM, Blogger Sisca

Ngeblog bagi sisca, bukan untuk mencari popularitas..sekedar mengisi waktu luang. Sisca amenghargai siapapun yg datang dan meninggalkan pesan, bagi yg baru pertama berkunjung, sll sisca link dan datangi..dgn harapan kalo ada waktu luang lagi, akan beranjangsana pd semua link yg ada...tp kendalanya, waktu yg tersedia dng kegemaran sisca membaca semua posting...sungguh gak cukup :(

 

At 1:56 AM, Anonymous Anonymous

sblomnya, trims banget dah ditengok! adapun itu blog eksis lantaran kekejaman provokasi blogger2 populer. kalopun nantinya jd tbawa terkenal, kali krn komen2 medeni dari seorang paman yg 'bikin takut' manakala pas ndak sregep posting.

 

At 6:30 AM, Anonymous Anonymous

Edan kii ternyata harus ada alasannya ya orang nge-blog itu. Wahh kalo aku terus terang nge-blog cuma karena ikut2an seperti juga wong Indonesahh yang lain ... hehehe

 

At 7:27 AM, Blogger Bangsari

saya kok cenderung dengan pendapat mas Moes Jum, awalnya cuma ikut-ikutan. kata kang Bahtiar, kalo blogwalking sebaiknya kasih komen biar tambah relasi. ya udah saya ikut. ternyata asyik juga tuh...

 

At 11:21 AM, Anonymous Anonymous

buat Ely, coba baca artikel dari republika:

http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=233829&kat_id=41&kat_id1=&kat_id2=

aku pernah juga baca baik buruknya narsis dari blog asing, tp kelupaan diupload ke bookmark.

 

At 4:57 PM, Blogger Anang

yah biar banyak relasi...
tapi blogwalking tanpa komen seperti sayur tanpa garam....
paling ngga ngasih kenang2an buat yang nulis blog nih

 

At 5:24 PM, Anonymous Anonymous

anjing menggonggong, ngeblog jalan terus kang, hehe. tak perlu dengar kata orang. mau dibilang cari popularitas, monggo, mau dibilang biar ngetop, silakan, gitu aja kang.

 

At 6:28 PM, Anonymous Anonymous

comment???? ah gak penting juga di bahas motivasinya...
itu sekedar apresiasi buat para penulis amatir, semi amatir sampe yang profesional yang bersliweran di BLOG....

kalo ngetop gara2 itu,itu sekedar ekses aja kok.... gak ngarep...

 

At 9:15 PM, Anonymous Anonymous

fotonya, bos ... :)

 

At 9:36 PM, Blogger Endah Retnowati

jujur nih, kalo ada blog isinya bagus, aku sengaja ninggalin pesan untuk sekedar pengen dikenal ama si-empunya blog. meskipun isinya gak menggelitik utk dikomeni, sekedar meninggalkan jejak lah... seperti sekedar di sini ini. hehe...

 

At 4:14 PM, Anonymous Anonymous

wah,lha aku seneng ninggalin jejak dimana-mana, terutama kalo blognya bagus, galak, lucu, atau 'ada isinya'..eh tapi gak juga dhing. pada dasarnya emang seneng aja komen. kalo jadi banyak temen dari sini, ya itu namanya rejeki, sam :p

 

At 5:45 PM, Anonymous Anonymous

kadang memang ada orang yang memberi komentar sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi.

orang lain boleh sinis, kok seperti ga ada cara lain. tapi ya, dihargai aja lah ;)

 

At 1:48 PM, Anonymous Anonymous

ngomongin comment yah? seru juga nih, apa lagi aku gak pernah mikir tentang coment segitunya. buat aku ngasih coment saat perlu kalo gak perlu ya udah gak papa

 

At 10:20 AM, Anonymous Anonymous

"Untuk menjadi populer, tak perlu melakukan rekayasa macam-macam. Proses alam yang akan menjawab itu."

Bagus sekali ^_^

"Sang mentari tak perlu mempromosikan kehebatan sinarnya"