Wednesday, August 23, 2006
Sweet 17
Entah kenapa perhatian saya bulan ini justru banyak tersedot televisi. Bukan masalah menonton, sebab saya jarang melakukannya, tapi karena hal lain. Salah satunya, strategi mereka menjaring pemirsa.

Kompetisi yang kian ketat membuat pengelola tv memang harus kerja keras mencari strategi perang. RCTI, stasiun swasta pertama, memanfaatkan momentum ulang tahun mereka untuk merebut pangsa pasar terdepan. Dibungkus dengan balutan "Sweet Seventeen", RCTI mengadakan pesta ulang tahun besar-besaran.

Semua acara ulang tahun mereka dikemas secara live dan rekaman (taping) dengan megah dan besar-besaran, persis abg masuk masa puber. Coba lihat saja daftar acaranya di web mereka.

Tapi, yang paling menarik perhatian saya dari sekian banyak acara itu adalah lomba nonton siaran RCTI selama 17 jam sambil berdiri dan relay-langsung acara puncak ke 164 radio seantero negeri !!!

Lomba nonton itu, saya tak mungkin ikut. Tak ada waktu, stamina tak mendukung, tak (senang) nonton tv terlalu lama dan paling penting tak punya niat. Urusan radio itu juga (mungkin) tak bakal saya ikuti. Namun, biar bagaimanapun, ide ini unik. Keduanya digunakan untuk mencapai rekor MURI. Jadi sekali dayung, dua atau tiga pulau terlampaui. Ya dapat perhatian pemirsa, pengiklan dan menorehkan rekor.

Tapi, ini budaya pop bahwa setiap hari jadi ke-17 lebih banyak dirayakan secara istimewa. Para remaja terbiasa menganggap sweet seventeen adalah hari sakral mereka. Namun jangan lupa bahwa memasuki usia ke-17 juga akan mendapat tuntutan agar makin dewasa, baik sikap dan pemikiran. Dalam hal ini RCTI, diharapkan bakal memiliki acara atau program yang lebih sehat dan mampu memberi pencerahan pemirsanya. Ya, kita tunggu saja.

Ngomong-ngomong, anda bikin acara apa waktu ultah 17 dulu?


 
posted by Hedi @ 6:12 PM | Permalink |


22 Comments:


At 7:44 PM, Anonymous Anonymous

biasanya yg ngerayain sweet 17 gede2an itu cewek... apakah RCTI cewek? :)

 

At 7:49 AM, Blogger Bangsari

jangakan 17-an, lha wong ultah saja saya belum pernah dirayain je... paling-paling among-among, slametan gaya Bangsari...

 

At 8:02 AM, Anonymous Anonymous

Sebetulnya RCTI juga ok-ok acaranya.. tapi karena keterbatasan resource, alias tv tuner saya cuma bisa monitor statiun tv trans, alhasil saya juga cuma bisa mantengin transtv..

padahal acara film-nya oke-oke.. hiks..

--budiw

 

At 12:45 PM, Anonymous Anonymous

tumpengan dulu...
hihihi

 

At 12:58 PM, Anonymous Anonymous

Acara tujuhbelasan saya ndak berkesan. Sing berkesan malah wkt ngikut acara perayaan tujuhbelasan temen; si kembar anaknya pemilik bis Akas. Makan2 di Shangrilla, waktu itu disuguhi Krisdayanti, AB Three, Project Pop ama Edane. Heboh bener deh pokoknya ^_^

 

At 1:43 PM, Blogger mpokb

tiap ultah, yg lebih sibuk pasti ibu saya. maunya diem2 aja, nggak ngadain apa2.. eh tahu2 udah ada nasi kuning..

 

At 3:12 PM, Anonymous Anonymous

aku kadang lupa kalo kemaren ultahku ... :(

 

At 5:38 PM, Anonymous Anonymous

buat merayakannya
RCTI mau bikin acara nonton tv 17 jam nonstop !

hwarakadah !! ra mutu !!!!!

Muri itu ngapain sih kerjaannya ikut2an mencatat prestasi-prestasi yang gak ada pengaruhnya buat kemajuan bangsa

segala joget sekian jam di catet pula
mending yg pianis dan pemain oboe termuda aja yg dicatet...yg kek gini ga usah dimasukin ke muri !!

Ra Mutuu !!!!

 

At 5:57 PM, Blogger onanymous

hiks...obrolan yang udah pada 17thn.com yah inih?

 

At 7:00 PM, Anonymous Anonymous

# Ben : mungkin juga mas :)
# Bangsari, Bahtiar, Mpok & Didats: saya juga sering lupa tuh, sadarnya pas ada nasi kuning tanpa tumpengan...hehehe
# Ely : 16 tahun udah dianggap sakral kali.
# Guntar : Edane? asyik banget ya
# Yoyok : santai ae, kadang yg ga mutu itu malah banyak peminatnya.
Note Banyak bukan berarti bagus dan harus diikuti :)
# Ona : hush...gak pake dot com :p

 

At 7:44 PM, Anonymous Anonymous

ultah ke 17 naik gunung. lihat sunrise dr puncak...kerennn

 

At 7:56 PM, Blogger Innuendo

hahaha dipaksa ama rcti nonton 17 jam ! acara ultah waktu umur 17....gak ada ! emangnya ada apa dg umur 17 ? umur 18 th aja aku masih gak boleh pulang malam ama bokap

 

At 8:30 PM, Blogger CIAO ITALIA!


RCTI OKEH euy!


lol

gmn krb dikau?



ciao dari repubblica italica

 

At 12:39 AM, Blogger Pipit

17-an...pesta ala Pipit, bebas tapi sopan. :)

Undang semua temen untuk makan-makan di rumah, nggak ada kursi-kursi yang diatur, nggak boleh bawa kado, nggak ada kue ultah apalagi tiup lilin, nggak ada dekorasi, nggak mau pake baju baru dan dengan santai bertelanjang kaki sepanjang acara.

Setiap temen yang dateng tinggal masuk ke dalam rumah, cari makanan sendiri-sendiri, cari tempat duduk sendiri dan cari kesibukan sendiri. Ada yang maen game, ada yang nonton TV, ada yang baca komik sambil tiduran, ada yang pacaran di taman, ada yang tidur siang di kamar, pokoknya bebas...

 

At 2:34 AM, Anonymous Anonymous

Aku mbiyen gak dirayakno opo2 Sam. Soale aku dhewe juga lali nek aku wis pitulas taun. Justru saiki aku pengen melok2 ngrayakno pitulasan ... biar dianggep jek enom

 

At 7:31 PM, Anonymous Anonymous

sweet seventeen?
gak penting banget :D

 

At 4:43 PM, Anonymous Anonymous

sweet seventen aku di asrama, dikerjain anak sekamar dan begonya aku lupa mpe malemnya ada yg nambahin namaku di list doa ultah. he he he

 

At 8:19 AM, Anonymous Anonymous

ulang tahun saya??? 17??? naik gunung bareng temen2.... ndak mutu tho kalo diliat dari kacamata ABG jaman sekarang? huahahahahahaha

 

At 4:17 PM, Anonymous Anonymous

andaikan perayaan ulang tahun itu wajib, saya pasti akan merayakannya. ultahku tak pernah ada perayaan. sampai sekarang aman-aman saja.

 

At 6:47 PM, Anonymous Anonymous

Aku cah ndeso mas..

Gag kepikiran blas buat merayakan sweet 17-an..

 

At 12:12 AM, Blogger Anang

RCTI memang oke...

posted by: http://www.friendster.com/anangku

 

At 12:55 AM, Blogger Sisca

Sweet 17, jadi kembali ke masa itu...

Sungguh tak terasa RCTI sdh 17 tahun, msh teringat diawal2, dimana siarannya belum fulltime, programnya waktu itu termasuk bagus...smg aja tambah oke :)