Friday, June 23, 2006
Kebisingan Kantor
Polusi tak selalu berhubungan dengan udara atau alam. Polusi suara kini menjadi hal yang kerap dikeluhkan orang, baik di kantor atau rumah, mulai dari suara telpon hingga tukang dagang.

Mas Deny mengeluhkan suara-suara promosi tukang dagang yang mengganggu putrinya yang tengah tertidur. Mas Bahtiar pun pernah merasakan bagaimana suara telpon di kantornya bisa bertahan lama tanpa banyak yang menggubris. Padahal jika itu terjadi di kantor saya, bos akan marah karena siapa tahu si penelpon akan menghadirkan profit. *halah*

Tapi tren kebisingan di kantor sekarang memang bukan lagi printer dot matrix, suara karyawan yang ngerumpi atau kibord komputer, melainkan ringtone ponsel. Di sebagian Amrik, ponsel sudah jadi barang terlarang di ruang kerja. Selain ringtone-nya bikin bising, pembicaraan antar karyawan bisa terinterupsi hanya gara-gara salah satu lawan bicara harus menerima telpon masuk di ponselnya. Dan ujungnya, produktivitas karyawan terganggu.

Ponsel memang jadi tertuduh jika sudah begini, padahal ini ulah sang pemilik. Saya memerhatikan banyaknya karyawan yang menyalakan ponsel meski sedang meeting. Sudah pasti banyak kata "maaf" yang muncul begitu ringtone berbunyi. Lebih parah lagi, saat meeting dengan klien pun, ponsel tetap aktif. Lain halnya apabila ponsel harus aktif sehubungan dengan bahasan meeting atau pembicaraan.

Satu lagi yang membuat saya kadang terganggu di ruang kerja adalah suara musik dari komputer. Jika hanya satu kompie yang menyetel MP3, mungkin bisa ditolerir. Bagaimana jika hampir seluruh kompie memasang MP3 dengan lagu yang beragam dan memasang volume lumayan keras. Kantor jadi mirip deretan konter kaset.

Bagaimana dengan kantor anda, bising atau tenang? Senangkah anda?

 
posted by Hedi @ 12:31 AM | Permalink |


19 Comments:


At 7:02 AM, Blogger Linda

di kantor sih gak merasa bising pak. walau tiap kompi nyetel MP3 yg beragam dan deringan ringtone yg menggema berlomba dg suara etnik yg unik. yg pasti kalo ada tlp berdering gak sampe 3x udah diangkat kadang big bosnya yg ngangak tlp :)
btw, bukan aku yg kalah saingan sama rokok. tp seorang teman yg baru saja ditolak krn lbh berat meninggalkan rokok

 

At 8:18 AM, Anonymous Anonymous

Wah, kalau di tempat saya, kalo nggak bising nggak bisa kerja. Punk tiap haree...

 

At 9:18 AM, Anonymous Anonymous

Dikantorku bisingnya sama perintah-perintah Boss, walau pelan tapi tetep aja bikin bising

 

At 9:38 AM, Anonymous Anonymous

lebih seru lagi kalo semua pc dipasang game counter strike trus main deh sama-sama .. masing-masing pake speaker ... jangan pakai headset ... jadi deh tuh kantor game center ... heheh

 

At 10:29 AM, Blogger mpokb

kantor aye isinya studio semua. kalo kita lagi butuh mendengarkan dengan saksama -ceile- jelas suara2 yg tembus bakal mengganggu. kadang harus disamperin dulu orang di studio itu supaya volume gak mengganggu. kalo lagi pada santai bisa kayak toko kaset, semua nyetel lagu kesukaan masing2..

 

At 10:49 AM, Anonymous Anonymous

*salaman dulu ah sama yg punya blog*

"TV-nya kecilin dikit dong.." :(

 

At 4:11 PM, Anonymous Anonymous

yang paling ganggu buat aku sih, polusi asap rokok. maklum BUMN (generalising-mode ON), banyak yg 'minta dimaklumi' kalau merokok di ruang berAC :(.

soal MP3 sih di sini jarang riuh rendah. soalnya aku 'diangkat' jadi radio buat temen2 satu tim :D. dan kalo ada org lain yg muter MP3 juga, aku dgn sukarela brentiin MP3ku, atau pake headphone.

 

At 4:54 PM, Anonymous Anonymous

begitulah endonesa ... semua serba permisif ... :(

 

At 9:37 PM, Blogger Innuendo

makanya aku sebel banget kalo buka blog or friendster yg pake musik ! berisik ah, ngerepotin gue aja harus 'mute' speaker.

masih mending kalo di meeting, lebih gimanaaaa gitu rasanya kalo lagi dengar ceramah di masjid or shalat jumat !

kalo disini sih pd ngerti semua, nonton di bioskop, matiin cellph

 

At 5:09 PM, Anonymous Anonymous

kl di tempat aku kerja dulu ada aturan kl lagi meeting ato ngajar ponsel mesti di matiin, at least di silent.

 

At 8:56 PM, Anonymous Anonymous

Wah, ga bisa konsen sih kalo lagunya diputer keras, trus sumbernya banyak.. pabalieut itu mah.. hehe..

Lam kenal en maacih ya dah dikunjungi..

Calam muaniezzz

 

At 1:03 PM, Anonymous Anonymous

Di kantorku ponsel harus silent mode, mau ndengerin MP3 harus pake earphone. Ngomong di telp. juga pada pelan-pelan...sepiiiiiiiiiiiiiiii.

 

At 2:36 AM, Blogger Sisca

Mas, untung kantorku tidak parah seperti itu. Emang pusing bila dengar lagu dari byk kompi yg beda beda hehehe..nikmatilah seadanya :)

Btw, sisca mohon pamit krn dpt surat PHKk(baca diblog). Terima kasih sdh berbagi selama ini

 

At 3:50 PM, Anonymous Anonymous

Dulu pernah ada cerita di Jogja,seorang imam sholat tanpa menonaktifkan ponselnya. Ketika hp bunyi dengan ringstone berisiknya, si imam angkat telpon dan berbisik "ssst lagi sholat", trs sholat lagi......batal deh semua.

 

At 5:03 PM, Anonymous Anonymous

berhubung rezeki lagi membuat gue kerja di negeri singa, di sini keributan itu lain lagi.

Suara para pendekar kungfu itulah yg paling rajin menemani hari2 itu. mereka kalau diskusi asli spt orang berantem.

Ditambah lagi kebiasaan mereka menyeruput kopi panas atau makanan (srruuurp) dan menghirup pilek (dahak) yg pasti amat menjijaikan.

 

At 5:25 PM, Blogger Elkana Catur

kalo di kantor gue.... gue yang bikin ribut tuh mas... hehehehehehe.........
salam kenal. thx for the comment

 

At 7:44 AM, Blogger Bangsari

ditempat saya parah juga mas. ada 3 telpon yang selalu bunyi bahkan terkadang bersamaan padahal saya bukan operator. disamping itu teman sebelah punya 2 HP yang terlalu sering berbunyi. saya stress...

 

At 1:09 PM, Anonymous Anonymous

klo di tempat temen saya gawe, telp di meja pun di set hampir-silent dan cuman kedip2 lampunya doang, trus ngomong pun harus bisik2, hape masuk loker, apalagi mp3. tapi hebatnya temen saya itu bisa bertahan beberapa bulan. klo saya, mungkin cuman sehari.. hihihi

 

At 4:49 PM, Anonymous Anonymous

Kantorku tempat kerja malah sepi banget, semuanya asyik dengan MP3nya sendiri-sendiri, mendengarkannyapun pake headphone.

Ya, disini sepi sekali.