Thursday, June 01, 2006
Blog...oh...Blog

Era baru penyebaran informasi melalui media blog di Indonesia, seperti halnya kala musibah bencana gempa alam di Yogyakarta, membuat saya yakin lebih banyak mengandung hal positif. Bahkan kalaupun anda menulis hal yang sensitif, misalnya politik, tetap saja aman.

Tetapi berbeda di luar negeri. Katakanlah di tiga negara; Cina, Iran dan Mesir. Dua negara pertama sudah bersiap untuk memberlakukan sensor terhadap muatan blog yang diterbitkan masyarakatnya. Kini Mesir pun berencana mengekor kebijakan tak populer itu.

Ini menyusul marahnya pemerintahan Hosni Mubarak terhadap muatan yang diposting oleh salah seorang blogger ngetop negeri itu, Alaa Abdel-Fatah. Pria berisitri Manal Hassan itu dan sejumlah blogger lain ditahan aparat setempat karena ikut mendukung gerakan protes anti pemerintah melalui blognya.

Namun blog kembali menunjukkan jati dirnya sebagai pemersatu atas nama solidaritas. Pemberitaan penangkapan melalui media konvensional di Mesir sangat terbatas, tapi dunia blog barat justru gonjang ganjing. Tak pelak lahir sejumlah blog yang menyuarakan dua slogan, tolong dan boikot. Menolong maksudnya membebaskan Alaa dan memboikot adalah meminta pemerintah Amerika Serikat untuk menghentikan bantuan rutinnya bagi Mesir yang mencapai 3 miliar dolar per tahun.

Lain rumah memang lain pula isi dapurnya, demikian pula blog. Di luar negeri, terutama barat, karena sudah mapan maka urusan politik menjadi lebih banyak memakan porsi. Berbeda dengan di tempat kita. Kekerabatan, kekeluargaan dan persahabatan yang kental ala timur membuat topik sehari-hari, kadang sangat enteng, menjadi lebih disukai untuk ditulis.

Belum lagi media konvensional di negera ini masih rajin mengulas berbagai berita aktual, termasuk politik, sebagai mainstream. Jadi kalaupun ada blog yang mau mengulas soal politik, misalnya, tentu dengan sudut pandang ringan tapi berisi dan tak bersifat agitasi, khas obrolan sambil minum kopi. Satu hal lagi, blog Indonesia juga menyediakan banyak tips, mulai dari urusan program komputer sampai memasak. Itu yang saya suka :D





 
posted by Hedi @ 11:00 PM | Permalink |


6 Comments:


At 4:55 AM, Blogger Ardho

pokoknya..

hidup blogger dan ngeblog deh..!! ;p

 

At 6:17 AM, Blogger CIAO ITALIA!

Memasak apa?

Sayur lodeh? Pepes aja yah, saya demen pepes ikan euy.

 

At 8:31 AM, Anonymous Anonymous

sayanngya .... musuh kaum blogger kadang bukan hanya dari pihak berkuasa (yg sering ditelanjangi) tapi juga kadang kaum pers konvensional ..

 

At 8:38 AM, Anonymous Anonymous

di sana mungkin kultur 'menyatakan pendapat' lebih dominan ya, makanya blog2 sana isinya juga dominan seperti itu. sementara di sini, yg dominan adalah kultur 'bersosialisasi'. karakter blognya guyub :).

tapi kalo soal tips2, sebenernya di blog2 luar juga banyak lho Mas :)

 

At 12:38 PM, Anonymous Anonymous

obrolan cofe break itu kan yang malah biasanya mempengaruhi orang lain. we can intimidate someone without do intimidating action. itu kelebihan orang indonesia

 

At 7:35 AM, Anonymous Anonymous

hahah..sepakat ma Sesy..
bangga jadi orang indonesia =)