Friday, February 24, 2006
Rekomendasi Kerja
Pernahkah punya beban mental saat akan memasukkan teman untuk kerja di suatu tempat? Saya baru saja memberi rekomendasi kepada kantor komisaris supaya teman bisa kerja di sana. Posisinya memang bukan staf, hanya kerah biru, sebagai pengantar surat. Tapi karena di kantor itu pernah punya pengalaman buruk soal karyawan "titipan", maka mereka menanyakan itu.

"Orang ini jaringannya siapa, kamu mas? Dijamin gak akan seperti si *** kan?" tanya seorang sumber di kantor itu tadi pagi.

Saya merasa sedikit lemas seketika, tapi sekian detik kemudian dengan mantap saya katakan berani menjamin. Apalagi dia tetangga saya sendiri dan saya tahu benar kapasitasnya untuk bekerja di sana, minimal sebagai pengantar surat yang harus paham jalan-jalan di Jakarta ini.

Memang ada saja orang yang kadang tak tahu diri bahwa bekerja melalui jalur khusus harus menjaga kondite. Bukan hanya untuk kredibilitas di pemberi jalan, tapi untuk dia sendiri ke depannya. Satu hal yang kadang orang lupa saat sudah bekerja adalah mempersiapkan mental sebagai pekerja yang baik. Pernah ada tetangga saya harus rela dipecat kerja, hanya karena dia telat masuk setelah malamnya begadang bermain kartu...waduh!

Masalah seperti itu sudah sering terjadi. Bahkan seorang teman di kantor saya yang kerja di bagian IT sempat menjadi cemoohan karena bulan lalu pindah kantor tanpa ada permisi resmi, kecuali dengan SMS *hayahhh*.

Harusnya mereka sadar diri dan mengerti bahwa proses penerimaan karyawan dilakukan baik-baik hingga proses kerja menjadi lancar. Kemudian jika ingin resign, ya lakukan dengan baik pula, ada serah terima pekerjaan, ada aturan mohon diri minimal dengan wajar seperti layaknya orang bertamu ke kediaman orang lain.

Menyambung soal teman tadi pagi, saya juga senang akhirnya dia bisa menjalani sesi interview dengan baik. Dia dan saya belum tahu bagaimana hasilnya, meski saya optimis. Kini yang ada di pikiran saya hanya melakukan sosialisasi agar saat bekerja di sana nanti dia bisa menjaga kondite dan kredibilitas. Semoga...

Ngomong-ngomong urusan kerja, hari ini ada satu email di inbox yang isinya sebuah lamaran kerja plus CV dari seorang wanita. Lho, kapan saya buka lowongan? Apa orang itu hanya iseng mengirim secara random ke email orang lain....tau ah gelap!
 
posted by Hedi @ 2:06 AM | Permalink |


6 Comments:


At 7:36 AM, Blogger Linda

Semoga teman yg direkomendasikan diterima dan dapat menjaga kondite dirinya dan tentunya sang pemberi rekomendasi.
makanya saya tidak pernah mau ambil jalan pintas. lebih baik dikasih informasi lalu saya mengikuti jalur yg ada. kalo diterima berarti saya memenuhi kriteria yg dibutuhkan di kantor itu tapi kalo gak diterima ya berusaha lagi di tempat lain. yg pasti saya tdk akan pernah mau ambil jalan pintas. karna saya tidak mau mengecewakan siapapun :)

 

At 8:51 AM, Blogger Fortuna

Perempuan itu rasanya minta dilamar... Bukan mau ngelamar... Hahaha! :)

Anyway, menyambung soal 'jalan pintas' ini. Keluarga saya pernah mempekerjakan seorang supir baru yang direkomendasikan oleh kakak saya sendiri. Kebetulan, abang dari si supir baru ini, bekerja untuk kakak saya juga. Jadi? Kenal banget lahh.

Tapi, setelah 7 bulan kerja, si supir baru ini, yang awalnya telah membuat ayah saya kadung tresna karena kesopanannya tiba2 membuat ayah saya jantungan. Mobil dibawa kabur dan sosoknya tak pernah bisa ditemukan. Usut punya usut, 1 tahun kemudia baru terbongkar, supir baru itu anggoa sindikat pencurian mobil.

Kakak saya shock dan abang dari si supir juga shock berat. Beban mental... Dia juga nggak nyangka, adiknya ternyata seorang kriminal...

Kalo udah gini pegimane?

 

At 9:50 AM, Blogger mpokb

kok kayak temen saya. dia ajak temennya kerja di kantornya. begitu si temen nggak betah, tanpa pamit ba-bi-bu, sopirnya yg disuruh ke kantor untuk kembaliin seragam. hoho.. nekat..

 

At 11:23 PM, Anonymous Anonymous

wah kenapa dulu ngga ngasih tau saat ada karyawan IT yg resign, kan aku bisa ikutan nglamar, sapa tau diterima buat ngegantiin orang tadi.

ntar kalo ada lowongan lagi, jangan lupa ajak aku ya ;)

 

At 3:24 PM, Anonymous Anonymous

kalo kontraknya temporal (ngga fulltime), biasanya kalo mo hengkang ngga usah ngasih peringatan. Begitu juga pihak perusahaan kalo mo mecat dia, bisa tnpa peringatan. Kalo kontraknya fulltime, masing2 pihak harus memberi pemberitahuan 15 hari sebelumnya kalo ngga salah..(setidaknya yg dari pihak pekerja 15 hari tertulis).
Aku sendiri biasanya ga mau cari2 kerja dengan jalur bantuan teman/keluarga, maunya cari sendiri, jadi ga beban...he he

 

At 10:46 PM, Blogger Sisca

Mas Alakadarnya, apakah ada lowongan buat Sisca, ingat kerahnya jgn yg Biru, ntar kesaru ama pengirim barang hikhikhik

Maaf mas, diriku belon pulih benar sibuknya, ini sekedar mampir biar ndak dikira raib dari edaran :)