Saturday, February 18, 2006
Tikus Kantor PSSI

Selepas kerja, seorang teman datang berkunjung. Cerita ngalor ngidul, topik bahasan sampai pula ke sepakbola negeri ini. Silat lidah akhirnya berujung di PSSI, sebuah organisasi (yang katanya) bertanggung jawab terhadap kemajuan sepakbola kita. Dia sangat yakin PSSI itu lebih banyak tikus kantornya ketimbang orang ahlinya.

Yang jadi keyakinannya boleh jadi benar. Saya sendiri sudah malas sebenarnya kalo ngomongin PSSI. Selain percuma, buang-buang tenaga, saya juga punya pengalaman negatif soal itu. Mantan pemain nasional tahun 80-an pernah protes pada saya setelah membaca tulisan (kritik) saya soal liga domestik. Katanya, tak perlu ngurus liga lokal kita, lebih baik nulis berita lain saja. Alhasil, sampai sekarang saya tak pernah lagi nulis artikel soal sepakbola nasional, kecuali berita, itu pun sangat jarang.

Tapi waktu ngobrol dengan teman kemarin, saya merasa perlu berbicara soal bagaimana rusaknya lembaga PSSI. Dari sekian banyak lembaga yang terlibat korupsi di Indonesia, mungkin PSSI bisa dibilang salah satu yang terbaik meski sulit membuktikannya.

Bukti virtual mungkin bisa dilihat dari produk-produk mereka yang cacat peraturan dan kebijakan. Dari urusan laporan keuangan yang tak pernah ada, sponsor, sanksi disiplin, dan format kompetisi.

Perusahaan burger McDonnald sampai sekarang merasa jengah kalo diminta untuk mensponsori kegiatan sepakbola lokal. Salah seorang brand manajernya mengatakan trauma karena dana mereka pernah menguap saat melakukan kerjasama pembinaan futsal dan sepakbola anak-anak.

Perusahaan tepung Bogasari juga sebenarnya antara ingin mundur dan maju terus. Salah seorang petingginya pernah berucap bahwa biarkan Bogasari sendiri yang mengatur roda kompetisi usia remaja apabila PSSI (dinilainya) tak becus.

Urusan sponsor di manapun pasti melibatkan dana besar, apalagi untuk skala lembaga seperti PSSI. Itu baru dana, belum urusan manajemen sponsor di liga. Untuk kompetisi tahun kemarin dan juga sekarang, kompetisi yang masih didukung perusahaan sigaret raksasa, Djarum, tetap saja lebih banyak sisi negatif untuk pembangunan profesionalitas liga dan klub.

Konon, memang "bola" dipegang Djarum karena mereka baru akan menyerahkan segalanya di detik-detik akhir menjelang bergulirnya kompetisi. Dengan situasi itu pasti PSSI tak bisa berkutik. Tetapi kebijakan itu justru menyulitkan langkah klub, belum lagi klub peserta liga 90 persen milik pemda yang akhirnya menggunakan dana APBD untuk mengikuti kompetisi.

PSSI memang lucu dan layak mengisi acara lawak di televisi kita. Dana subsidi sponsor yang dibagi rata ke seluruh klub hanya berkisar antara 200 - 300 juta rupiah per klub. Dengan dana itu, PSSI dan Djarum menguasai spot iklan di pinggir lapangan stadion dan kostum pemain. Padahal, jika klub dibebaskan mencari sponsor sendiri, mungkin dana minimal 1 miliar bisa diperoleh. Tetapi mana mungkin sponsor mau mendukung klub, wong spot iklannya nyaris tak ada.

Uniknya, PSSI mewajibkan klub mengikuti kebijakannya jika tak ingin dicoret dari kesertaan liga. Arema Malang, contohnya, mereka masih beruntung mendapatkan sekitar 10 miliar dari sponsor meski spot di pinggir lapangan sudah habis disikat PSSI.

Kompetisi di Indonesia selalu berubah-ubah formatnya. Dulu yang pernah satu wilayah, kini terbagi lagi menjadi dua wilayah. Alasan PSSI, karena banyak klub yang keberatan soal ongkos kompetisi. Lho, dulu mereka bilang format satu wilayah adalah untuk menyaring klub-klub berkualitas, hukum rimba, karena memang itu esensi kompetisi.

Tapi PSSI ngotot mengubah format. Banyak teman-teman saya bilang, perubahan format itu didukung dana yang jumlahnya mencapai miliaran. Dana berasal dari klub-klub yang terkena degradasi dan kalo diubah formatnya menjadi dua wilayah maka kewajiban degradasi mereka jadi menguap.

Teman saya bilang dana kompetisi selama semusim bisa mencapai 2 miliar rupiah dan kalo mereka setor ke PSSI sebagai dana suap toh menjadi sama. Dua manfaat sekaligus bisa diambil, tak perlu main di divisi satu dan tetap di divisi utama.

Kasus hukuman Persebaya yang awalnya diskorsing tak bisa aktif selama setahun di sepakbola nasional karena mogok main, akhirnya juga dianulir PSSI sendiri. Hukuman akhirnya berubah menjadi turun ke divisi satu. Ini adalah misi sukses Persebaya yang "rajin bergerilya" melakukan lobby kepada PSSI. Tentu bukan hanya lobby, tetapi juga disertai angpau yang pasti jumlahnya tak kecil.

Ah...sudah terlalu panjang...sekali lagi percuma saya katakan kepada teman saya. Toh PSSI atau pelaku korupsi di negeri ini sudah kebal. Berapa banyak media nasional yang terus menulis kebobrokan mereka, tetapi tetap saja operasi bawah tanah tak pernah terhenti. Seperti tikus yang menyusup melalui tanah dan saluran air kotor kemudian masuk ke rumah dan menggerogoti barang-barang seenaknya.
 
posted by Hedi @ 8:32 PM | Permalink |


1 Comments:


At 4:45 AM, Blogger popularz

sudah ngak bisa ngebedain mana yang korupsi dan mana yang tugas dan tanggung jawab,.
keep blog