Friday, July 21, 2006
Juventus Bikin Repot
Skandal sepakbola di Italia sana ternyata tak hanya membuat repot pihak (dekat) terkait. Hukuman degradasi yang diterima Juventus untuk turun kasta ke Serie B membuat kerja saya juga terpengaruh.

Kenapa kerjaan saya jadi ikut-ikutan repot? Pertama, biro saya ngurusin layanan SMS meliputi berita, prediksi dan skor pertandingan. Yang ini tak ada masalah. Pusat kerepotan justru masuk ke sisi teknis.

SMS punya batasan, maksimal 160 karakter. Dalam kondisi normal sebuah liga Serie A dengan 20 tim, maka setiap pekan akan ada 10 pertandingan. Jika nama klub yang ikut cukup panjang, maka dilakukan penyingkatan nama. Sampai di sini no problem. Tetapi lagi-lagi Juventus bikin pening.

Klub yang berada satu di bawah payung bisnis raksasa otomotif FIAT itu bukan klub gurem. Mereka terkenal banget, fans-nya ada di mana-mana, klub kaya, langganan juara dan salah satu yang termashyur di dunia. Jadi kalau mereka bertanding, tentu banyak yang mengikuti baik langsung atau tak langsung. Tentu, saat mereka sekarang tanding di Serie B bersama Fiorentina dan Lazio, orang akan mengikuti pula.

Di kasta kedua itu, peserta liga ada 22 klub. Sempat terbayang di pikiran, betapa banyaknya nama klub yang nanti harus disingkat. Dan akan makin repot lagi karena saat akhir pekan, Serie A dan B main bersama-sama. Tak mungkin kan 20+22 = 10+11 menjadi 160 karakter.

Sebenarnya, urusan kelebihan kuota karakter sudah biasa dialami para admin. Biasanya di kompetisi regional Eropa seperti Piala UEFA atau Liga Champions. Solusinya dengan membuat tiga output skor/prediksi, yaitu 160x3 paket di mana konsumen harus meminta tiga kali untuk dapat semuanya.

Saya belum tahu apakah nanti paket Liga Italia (Serie A dan B) akan dibuat dua paket. Ini masih harus dibicarakan, urun rembuk lagi dengan rekan kerja dan si bos. Jadilah saya pasti akan repot kembali dalam beberapa waktu ke depan, minimal untuk melakukan trial and error. Bagian keuangan juga ikut repot karena mereka harus menyediakan anggaran lagi untuk pasang iklan, belum bagian IT untuk menyelaraskan urusan teknis tadi.

ah Juve, Juve....

 
posted by Hedi @ 3:25 AM | Permalink |


7 Comments:


At 7:38 AM, Anonymous Anonymous

klub bola di indonesia kan juga sama banyaknya mas? saya ngga paham nih...

 

At 10:10 AM, Anonymous Anonymous

iya saya juga gak paham....


btw makasih dah mampir, salam kenal yach

 

At 4:34 PM, Anonymous Anonymous

:D

gag peduli ama nasib juventus...
aku gag suka juve, tapi AC Milan..!

 

At 5:46 PM, Anonymous Anonymous

# Mas Ipoul + Ari: tambah repot lagi kalo saya cerita di sini :D

# Didats : gw juga tifosi I Rossonerri kok, dats :)

 

At 6:56 PM, Anonymous Anonymous

hidup milan.......
walau kena penalti 15 point tetap optimis raih scudeto musim depan

 

At 7:01 PM, Anonymous Anonymous

Huehehehehe... Kerepotan yak.

Juve memang bikin repot, kesal, marah.. dll.


Forza Rossoneri!!! :D

 

At 9:45 AM, Anonymous Anonymous

mungkin juga tv indo yg bakalan beli hak siar juga bingung ... dia mau beli serie A atau serie B ... apa masa dua-duanya sih?