Wednesday, July 12, 2006
Jakarta = Bratislava
Kalau anda tinggal di Jakarta, apakah anda merasa biaya hidup di sana lebih murah, minimal dibanding daerah lain di Indonesia?

Jawabannya bisa bervariasi. Tetapi kalau dibandingkan, setidaknya di Pulau Jawa, Jakarta ini rajanya mahal. Namun tidak menurut surat kabar The Sydney Morning Herald.

SMH bisa mengatakan itu setelah melansir penelitian yang digalang oleh konsultan Mercer Human Resource soal 50 kota termahal di dunia. Dan di berita itu, Jakarta berada di nomor 48 atau sama dengan Bratislava, ibukota Slovakia, berdasarkan biaya untuk tempat tinggal, transportasi, makanan, hiburan dan barang kebutuhan

Jika dulu Tokyo dan Oslo merupakan kota yang dikenal sangat mahal, sekarang sudah tidak lagi meski masih di 10 besar. Moskow menduduki posisi teratas dan Tokyo berada di bawahnya. Sayang, SMH tidak memberi tahu bagaimana penelitian itu dilakukan dan dihitung dengan menggunakan dasar apa.

Apabila dengan mata uang dollar AS, mungkin benar Jakarta akan lebih murah. Maklum, uang kita tidak likuid dibandingkan dengan dollar. Lha sekitar Rp 10 ribu cuma dihargai 1 dollar. Bererapa tahun silam, di MTV pernah ada acara - apa yang bisa dibeli dengan uang 1 dollar di Jakarta. Dengan kurs yang waktu itu sekitar 6.000-7.000, sang VJ sudah bisa beli mie ayam satu porsi dan teh botol.

Jadi kalau berdasarkan SMH, hidup di Jakarta sama dengan di Bratislava. Apakah ini pertanda pindah ke sana akan lebih baik, karena setidaknya kita akan bisa dapat pemandangan klasik nan indah atau lingkungan yang lebih bersih? Atau pindah ke Australia? Karena kota-kota selain Sydney, seperti Melbourne atau Adelaide jauh di luar daftar 50 itu. Hmmm....

 
posted by Hedi @ 4:50 PM | Permalink |


14 Comments:


At 5:47 PM, Anonymous Anonymous

padahal nganggo poso senen kemis ... :(

 

At 12:13 AM, Anonymous Anonymous

bratislava gubernurnya sutioyoso bukan? ada fbrnya gak?

 

At 4:16 AM, Anonymous Anonymous

Ayo ke moskwo aja, terlalu murah sih di Jakarta.

*siap-siap packing*






Padahal di biaya hidup dijakarta itu tidak mahal, tapi MUAAAAHHHHAAAALLLLL!

 

At 9:03 AM, Anonymous Anonymous

di jakarta = murah?! murah menurut sapa? hah?! ha?! ha?! macem2 ajah itu si SMH!! :D

 

At 9:16 AM, Blogger Linda

di Jakarta ke toilet umum aja bayar minimal Rp. 1.000,- gimana bisa dibilang murah ya?

 

At 9:44 AM, Anonymous Anonymous

tapi yg pasti bali sama jakarta, lebih tinggi bali...

soalnya, kalo makan disini musti beli. di jakarta kan bisa numpang orang tua... :D

eh, gag masup itungan ye? hihihi

 

At 2:47 PM, Blogger Unknown

di bratislava pasti ada fbr juga, forum bratislava rempug, hehehe. garing ya ? met kenal deh ...

 

At 6:47 PM, Blogger mpokb

murah atau mahal tergantung UMR atau pendapatan juga. patokan aye mah gampang. kalo masih kebeli, berarti murah. kalo kagak, berarti mahal... :P :D

 

At 9:05 PM, Blogger CIAO ITALIA!

Ho Chi Mihn City/ JKT rasanya ngga lebih mahal dari Melbourne.

Daftar yang aneh.


hehe

ciao dari Roma (no 21 loh)

 

At 10:05 PM, Blogger tikabanget™

hhh..
Kalo inget duit, jadi males bener tinggal di jakarta..
Di jogja juga dah mulai wabah makanan mahal.. tapi enak.. hihihi..

 

At 4:14 PM, Anonymous Anonymous

Mahal dan murah memang sesuatu yang relatif, tapi secangkir kopi Rp 50.000,- masih banyak yang ngantribeli di suatu kafe atau hotel....pemerataan memang tidak akan terwujud tanpa adanya keadilan ekonomi

 

At 10:10 AM, Anonymous Anonymous

gw baru nonton Hostel ... film suspendnya Tarantino ... dan settingnya di Bratislava .. kotanya di film itu terkenal karena pelacurannya ....

 

At 6:57 PM, Blogger Sisca

makanya pindah kemari aja mas, khan sama mahalnya, tp gak ada polusi heheheh

 

At 3:53 AM, Anonymous Anonymous

Untuk sekedar info, saya kebetulan abis baca artikel ini:

Bratislava ranks the 48th most expensive city in the world for expatriates to live in, down from the 31st place last year, in the 2006 Mercer HR Cost of Living Report.

Bratislava ranks on par with Indonesia's Jakarta and one place ahead of Prague, the capital of the neighbouring Czech Republic.

The ranking of the life expenses in 144 metropolitan cities from around the world compares the costs of alcohol and tobacco, clothing and footwear, domestic services, food at home, food away from home, health and personal care, household supplies, sports and leisure, transportation and utilities in three cost-of-living indices to accommodate differences in shopping habits.

The world's most expensive city Moscow replaces last year 'winner' Tokyo. The lowest position in the ranking was taken by Asuncion in Paraguay. Cities ranked second, third, and fourth are situated in Asia (Seoul, Tokyo, Honk Kong).

Survey provides detailed prices for different sized apartments and houses; furnished and unfurnished; in good, better and the best residential areas also if monthly rental is for an apartment with one to four bedrooms or house with three to four bedrooms.

Many US cities have risen in the 2006 rankings due to the strength of the american dollar. On the other hand, most Eastern European cities, such as Bratislava (2005 - 89.9, 2006 - 82.4) have dropped sharply in the rankings due to the devaluation of local currencies against the US dollar.

Sumber:
www.bratislava-city.sk/bratislava-is-the-48th-most-expensive-city-in-the-world