Thursday, January 12, 2006
Hotel di Jerman Menaikkan Tarif

Yang namanya mencari keuntungan, di mana pun sama saja. Salah satu berita terbaru jelang Piala Dunia 2006 adalah mengenai akomodasi. Tapi ini berita negatif buat para calon penonton dan suporter karena seluruh hotel, losmen, atau homestay sudah menarikkan tarif sampai lima kali lipat dari harga normal.

Di koran Kompas edisi Rabu (11/1/06), ada hotel di kota Muenchen yang menaikkan tarif sampai 1.294 euro (Rp 14, 8 juta) per malam. Padahal tarif normal hotel itu untuk dua orang per malam di bulan Februari cuma 167 euro (Rp 1,9 juta). Hotel yang lebih sederhana juga sama aja, naik menjadi 281 euro (Rp 3,2 juta) dari harga normal Ferbruari dan Agustus 2006 sebesar 59 euro (Rp 678.500).

Tapi dengan harga itu, hotel pasti penuh saat pesta sepakbola empat tahunan itu digelar. Maklum, hotel ibarat beras buat orang Indonesia, kalo kita sedang bepergian di tempat asing, apalagi dalam kapasitas suporter sepakbola. Memangnya, kita mau tinggal di mana lagi? Tidur di taman kota, pasti diusir patroli polisi.

Tapi suporter juga punya solusi, salah satunya mencari tempat berkemah di sekitar Jerman. Dekatnya jarak satu negara dengan negara lain di Eropa, memudahkan orang melakukan lalu lintas di batas negara. Koordinator Suporter Sepakbola Inggris (FSF) bilang sudah ada rencana beberapa suporter untuk berkemah atau pesan hotel di luar Jerman, seperti di Amsterdam, Belanda. Letak Amsterdam dekat dengan Koln yang akan jadi salah satu tempat pertandingan juga.

Gw belum dapet berita respon dari pemerintah Jerman atau panitia lokal. Walaupun ada rasa optimis, hotel tetap penuh karena tingginya permintaan, ada juga rasa pesimis. Tapi dengan negeri yang masuk kategori maju, Jerman pasti punya dana untuk memberi subsidi kepada hotel agar harga kamar bisa ditekan.

Cuma bagaimana kalo orang Indonesia ada yang mau ke sana? Untung buat kita, negeri ini terkenal erat kekerabatannya. Pasti ada orang Indonesia di Jerman yang bersedia berbagi tempat untuk saudara setanah air.

photo property of verliescafe.com
 
posted by Hedi @ 3:03 AM | Permalink |


1 Comments:


At 5:39 PM, Anonymous Anonymous

org jerman punya aji mumpung juga ya??
mahal banget tarifnya!